Between Pets And Pest

pandiPandi – Sebagian orang tentu memiliki “peliharaan” yang harus kita sisihkan waktu untuk merawat peliharaan apapun itu. Sebagian orang memelihara hewan, sebagian lagi sepatu, hp, jaket, topi, kendaraan, dll. Selama itu tidak menggangu tentu akan menjadi kegiatan yg menyenangkan. Tapi, hati hati jika itu mulai menyulitkan anda dan mungkin namanya sudah berganti menjadi Pest (hama).

Tentu ga mau dong sesuatu yg kita senangi berubah menjadi sesuatu yang menganggu. Kalo dari pengalaman pribadi ada beberapa tips yg bisa jadi parameter dan cara kontrol agar ‘peliharaan’ tetep jadj kegiatan yang menyenangkan.

Pertama, waktu luang, sudah bisa dipastikan ketika kita memutuskan memelihara sesuatu kita punya waktu yang bisa dihabiskan. Baik untuk bermain, merawat, dan sanitasinya. Nah kalo peliharaan kita hewan sanitasi punya porsi wajibnya setiap hari. Kalau waktu ini tidak disisihkan bisa jadi burul buat peliharaan atau juga bisa jadi buruk untuk lingkungan sekitar.

Kedua, ruang, ruangan menjadi faktor penting kedua karena ruang kadang menjadi sesuatu yang sensitif di wilayah perkotaan. Nah kalo memang tinggal di kota dan ga punya space buat pelihara kambing. Ya jangan dipaksakan. 😁

Ketiga, budgeting, nah peliharaan pasti butuh makanan, obat, dan pakan pendukung, hal ini tentu membutuhkan budget yang harus disisihkan setiap bulannya.

Nah 3 itu menjadi faktor penting yang harus diperhatikan, apabila sudah terlanjur menjadi sesuatu yg menggangu. Coba cari teman atau saudara yg cukup 3 faktornya untuk merawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *